Bimbingan Teknis Pengawasan Pengelolaan Usaha Minyak dan Gas Bumi (khususnya pada SPBU) bagi Aparatur Pemerintah Kabupaten/Kota se-Aceh

Kategori : Berita Distamben Aceh Selasa, 26 Mei 2015

Stasiun  Pengisian    Bahan     Bakar  Umum (SPBU)    adalah   prasarana   umum yang  disediakan  oleh PT. Pertamina (Persero) guna memenuhi kebutuhan bahan bakar bagi masyarakat yang memiliki kenderaan bermotor.

Peran SPBU sangatlah penting dimana SPBU merupakan titik serah terakhir yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan bahan bakar bagi masyarakat pengguna kenderaan bermotor dengan tetap menjaga kuantitas dan kualitas. Hal terpenting yang perlu diketahui oleh aparat pemerintah, khususnya aparat pemerintah kabupaten/kota yang tupoksinya terkait dengan pengawasan ini adalah mekhanisme pengelolaan SPBU tersebut. Pengelolaan SPBU yang tidak baik akan berpotensi menimbulkan pencemaran terhadap lingkungannya dan juga berpotensi bahaya kebakaran.

Oleh karena itu, pengawasan dalam pengelolaan SPBU tentu sangat dibutuhkan. Terkait dengan hal tersebut, Pemerintah Aceh yang dalam hal ini melalui Bidang Migas, Listrik dan Pemanfaatan Energi Dinas Pertambangan dan Energi Aceh melakukan kegiatan Bimbingan Teknis Pengawasan Pengelolaan Usaha Minyak dan Gas Bumi (khususnya pada SPBU) bagi Aparatur Pemerintah Kabupaten/Kota se-Aceh yang dilaksanakan pada tanggal 19 s/d 22 Mai 2015 bertempat di hotel The Pade, Banda Aceh.

Bimbingan Teknis ini bertujuan untuk meningkatkankan pengetahuan yang cukup dengan membekali para aparatur pemerintah kabupaten/kota dalam rangka melakukan pengawasan pengelolaan SPBU di daerah masing-masing, sehingga dalam pelaksanaannya akan menjadi aparatur yang berwibawa dan memiliki kecakapan yang dibutuhkan.

Bimbingan Teknis Pengawasan Pengelolaan Usaha Minyak dan Gas Bumi (khususnya pada SPBU) bagi Aparatur Pemerintah Kabupaten/Kota se-Aceh menghadirkan 5 (lima) orang nara sumber, yaitu 2 (dua) orang dari Pusat Pendidikan dan PelatihanMinyak dan Gas Bumi (Pusdiklat Migas), 1 (satu) orang dari PT. Pertamina Marketing Branch Aceh, 1 (satu) orang dari Himpunan Pengusaha Swasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) dan 1 (satu) orang dari Dinas Pertambangan dan Energi Aceh.

 

diedit oleh  Syarifah Azharni,ST,M.Eng

 

 

 

comments powered by Disqus

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32