DISTAMBEN ACEH Adakan BIMTEK GEOLISTRIK 2D

Kategori : Berita Distamben Aceh Senin, 17 Oktober 2016

DISTAMBEN ACEH ADAKAN BIMTEK GEOLISTRIK 2D

 

Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Aceh mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Geolistrik 2D tanggal 17 sampai dengan 20 Oktober 2016 bertempat di Aula Distamben Aceh. Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta dari internal Distamben. Kepala Distamben Aceh Ir. T. Syakur melalui Kabid Geologi dan Sumber Daya Mineral Dian Budi Dharma, ST, MT mengatakan tujuan pelaksanaan Bimtek Geolistrik 2D untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang instrumen dan aplikasi alat survey geolistrik 2D guna memprediksi dan mengetahui kandungan sumber daya geologi yang ada di bawah permukaan bumi. Lebih lanjut Kadistamben Aceh mengatakan bahwa untuk mengetahui unsur-unsur yang terkandung di dalam tanah tidak mungkin dilakukan dengan pembongkaran terhadap tanah, karena akan menghancurkan lapisan tanah itu sendiri. Maka dalam hal ini perlu menggunakan alat untuk bisa mendeteksi dan mengetahui keadaan bawah tanah. Salah satu alat yang dapat digunakan adalah alat geolistrik, yang kegunaannya untuk mengetahui karakteristik lapisan batuan bawah permukaan bumi.


Geolitrik merupakan salah satu metode geofisika untuk mengetahui perubahan tahanan jenis lapisan batuan di bawah permukaan tanah dengan cara mengalirkan arus listrik yang mempunyai tegangan tinggi ke dalam tanah. Alat ini biasa digunakan untuk eksplorasi groundwater, investigasi geoteknik, studi lingkungan, survey geologi, mineral prospecting, arkeologi, hidrologi, dll.


Sebagaimana kita ketahui bahwa aceh memiliki potensi sumber daya geologi yang berlimpah, antara lain mineral, batubara, panas bumi, migas dan air tanah. Disamping itu, Aceh juga mempunyai potensi bencana geologi seperti gempa bumi dan gerakan tanah/ tanah longsor. Aplikasi geolistrik dapat menjadi salah satu parameter untuk memprediksi/ mengetahui kandungan sumber daya geologi yang ada di aceh tersebut.


Salah satu contoh yang sudah umum dilakukan oleh Distamben Aceh adalah pendugaan geolistrik di lokasi rencana pemboran air tanah. Data yang didapat dipakai untuk menentukan titik-titik bor serta sebagai dasar pembuatan gambar penampang sumur bor, bersama data log litologi, electrical logging dan penetrasi test. Alat yang selama ini digunakan adalah geolistrik 1D.


Saat ini Distamben Aceh mempunyai beberapa alat geolistrik, baik 1-Dimensi maupun 2-Dimensi. untuk memaksimalkan penggunaan alat tersebut, maka dilakukan bimbingan teknis geolistrik 2D. Agar pengelolaan peralatan dan aplikasi geolistrik dapat terlaksana dengan baik, serta untuk menunjang dan mendukung kegiatan survey pada Distamben Aceh, dibutuhkan aparatur pemerintah yang handal dibidang ini.

 

Created by Teuku Mukhlis

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32