Bimtek Pengelolaan Pemanfaatan Listrik untuk Fasilitas Umum bagi Aparatur Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-ACEH

Kategori : Berita Distamben Aceh Selasa, 25 Oktober 2016

BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLAAN PEMANFAATAN LISTRIK UNTUK FASILITAS UMUM BAGI APARATUR PEMERINTAH PROVINSI DAN PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA SE-ACEH

 

Pada tanggal 25 Oktober Dinas Pertambangan dan Energi Aceh khususnya Bidang Migas, Listrik dan Pemanfaatan Energi menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Pemanfaatan Listrik untuk Fasilitas Umum bagi Aparatur Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Aceh. Acara bimtek ini berlangsung selama empat hari dengan mengundang pemateri  dari Direktorat Jenderal Energi Baru dan Terbarukan Kementerian ESDM, General Manajer PLN, Kepala Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh, serta Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Aceh.

Bimtek ini dibuat untuk memfasilitasi pemerintah kabupaten/kota se-Aceh dengan pihak terkait untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan seputar Penerangan Jalan Umum yang terjadi di daerah masing-masing, seperti tunggakan listrik yang terus membengkak, pemutusan aliran listrik, penghitungan yang berbeda antara pemerintah Daerah dan pihak PLN, dan alternatif yang dapat dilakukan untuk penghematan energi.

Sesi tanya jawab dimanfaatkan para peserta dengan penuh antusias. Diantara pertanyaan peserta adalah jumlah tagihan listrik yang harus dibayar tidak sesuai dengan jumlah lampu PJU yang menyala. Hal ini disebabkan karena sistem pembayaran yang berbentuk lumpsum dan penghitungannya berdasarkan jumlah tiang yang terpasang tanpa memperhitungkan jumlah lampu yang mati dan berapa lama lampu tersebut dinyalakan.

Peserta juga menanyakan mengapa untuk lampu pijar perhitungannya harus dikalikan dua, hal ini dianggap membebani kas daerah. Kepala Dinas Pertambangan dan Energi menjawab pertanyaan ini dengan memberikan contoh perhitungan yang digunakan, sehingga semua peserta dapat memahami konsep dasar perhitungan yang ada dalam peraturan yang berlaku.

Pada sesi akhir Kepala Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh memberikan paparan tentang pengelolaan listrik PJU Kota Banda Aceh, cara-cara mengatasi tagihan yang membengkak, keuntungan dari pemasangan meteran pada PJU, dan bagaimana agar Pemerintah Kabupaten/Kota bisa merasakan surplus dari pajak PJU yang dibayarkan masyarakat.

Dengan bimtek ini diharapkan Pemerintah Kabupaten/Kota dapat melakukan pengelolaan listrik untuk fasilitas umum dengan lebih baik dan terbebas dari tunggakan-tunggakan rekening listrik.

 

 

created by Hurriah, ST, M.Si

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32