Haji Uma Kunjungi Dinas ESDM Aceh, Terkait Dengan Rancangan UNDANG-UNDANG GEOLOGI

Kategori : Berita Distamben Aceh Selasa, 08 Agustus 2017

 

ESDM ACEH | Anggota DPD RI Aceh H. Sudirman yang akrab disapa "Haji Uma" melakukan pertemuan dengan Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Aceh, Akmal Husen pada Senin Pagi pada tanggal 7-8-2017. Pertemuan itu dilakukan untuk menjaring masukan terkait Rancangan Undang-Undang Geologi yang sedang digodok oleh DPD RI untuk diusulkan ke DPR RI sebagai usulan inisiatif. undang-undang ini sekiranya akan mengatur dan mendata semua potensi alam Indonesia. "Undang-Undang Geologi yang kita buat ini sangat erat kaitannya dengan pertambangan," kata Haji Uma. Menurutnya, dengan hadirnya Undang-Undang Geologi akan mempengaruhi semua bidang mulai pertanian hingga kebencanaan. Karena undang-undang ini akan memproteksi apa yang terjadi nanti. "Kita di Indonesia tidak punya database apa saja kandungan yang dimiliki bumi kita. Berbeda dengan negara lain. Kita kadang-kadang ditipu oleh pihak pengembang dari swasta karena kita tidak punya data ril," ujarnya . 

Sementara itu Haji Uma menambahkan dengan adanya undang-undang Geologi ini bisa mendeteksi hasil kekayaan yang ada dibumi. Maka pengambang swata tidak bisa menipu kita, contohnya kata Haji Uma, kita tidak punya data base, bisa saja pengambang swasta mengatakan mempunyai besi, tetapi didalamnya ada emas dan batu bara.

Undang-undang Geologi ini untuk pemetaan sumber kekayaan alam kita, saya berharap dengan undang-undang Geologi ini bisa sinergi dengan undang-undang pertambangan, sehingga kita tahu berapa penambang swata mengambil hasil alam kita, ini untuk cadangan anak dan cucu kita bahkan 200 tahun kedepan “tutup Haji Uma.

Source ( http://aceh.tribunnews.com/2017/08/07/jaring-masukan-terkait-ruu-geologi-haji-uma-bertemu-kadistamben-aceh )

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32